Monday 20 April 2015

Akibat jika 6 Minggu Bermain Candy Crush

 Seorang pengguna smartphone asal California, Amerika Serikat, mengalami cedera di bagian tangan saat bermain game.

Uniknya, game yang dimainkan ternyata bukan berjenis action atau simulasi olahraga yang mengharuskan seseorang menggunakan semua jarinya secara aktif, melainkan game casual puzzle yang cenderung santai.

Diketahui, game tersebut adalah Candy Crush Saga, game populer Facebook yang juga bisa dimainkan di perangkat smartphone.

Menurut pihak dokter di Naval Medical Center, tempat berobat pria yang tidak disebutkan namanya ini, pasiennya tersebut mengalami robek di bagian tendon jempol tangan sebelah kiri.

Kasus ini sendiri dikatakan sangat unik. Pasalnya, si pasien yang dikatakan telah menginjak usia 29 tahun ini mengaku tidak merasa sakit meski sudah mengalami cedera tersebut selama beberapa waktu.

Berdasarkan hasil analisis pihak dokter, seharusnya pasien ini sudah mengalami rasa sangat sakit ketika memainkan game dengan jempolnya. Akan tetapi, saat bermain game, ada rasa kenikmatan dan rasa gembira berlebih yang membuat tubuhnya mengeluarkan obat anti-rasa sakit alami.

"Kita butuh waspada bahwa beberapa video game tertentu bisa berlaku seperti obat pencegah rasa sakit digital," kata Dr Andrew Doan, seperti KompasTekno kutip dari Livescience, Rabu (15/4/2015).

Pasien ini akhirnya harus memeriksakan dirinya ke dokter karena jempol tangan kirinya terasa sakit dan tidak bisa digerakkan. Pria tersebut diketahui telah bermain game Candy Crush Saga setiap saat selama 6 hingga 8 minggu berturut-turut.

Tidak ada cara lain untuk menyembuhkan si pasien ini, ia harus dioperasi untuk "memperbaiki" tendonnya yang rusak itu.

Satu catatan, terluka akibat bermain game sebenarnya sangat mudah dicegah. Pemain tidak boleh bermain sebuah game dengan berlebihan agar tidak cedera. Durasi permainan tentunya juga harus dalam batas wajar. 

Via Kompas


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 actions achat. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.