Sunday 12 April 2015

Mengamankan data dalam komputer

Di zaman era teknologi ini, untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan ntah itu tugas kuliah atau pekerjaan pasti kita akan menggunakan laptop atau komputer. Laptop atau komputer sudah bukan hal mewah lagi namun sudah menjadi menjadi kebutuhan primer. Bukan sekedar pekerjaan pribadi namun dari semuag segmen seperti pendidikan, pemerintahan, perbankan, sampai instasi tingkat desa.


Di dalam artikel ini saya tidak akan membahas bagaimana mengamankan data di tingkatan yang besar seperti perbankan maupun pemerintahan karena itu harus menggunakan prosedur yang rumit dan kompleks karena data yang ada termasuk bersifat rahasia dan sangat sangat penting sehingga biasanya ada team kusus dan sistem kusus untuk keamanan sistem.

Karena itu disini saya akan memberikan bagaimana cara mengamankan data pribadi seperti dari orang-orang yang iseng maupun serangan virus.

1. Gunakan Password
Jika tujuan kamu adalah terhindar dari orang-orang iseng seperti teman-teman kamu maka kamu dapat menggunakan keamanan dengan sisten pasword banyak sekali aplikasi yang menawarkan sistem password seperti Zip, Rar dan masih banyak lagi.

2. Simpan dalam hardisk external
Hardisk externak juga dapat menjadi pilihan untuk mengamankan data, karena datamu seperti berada di dalam sakumu.

3. Update terus antivirus
Sekarang ini banyak virus yang dapat mempermainkan tuan rumah seperti virus shorcut yang bersifat menyembunyikan file aslinya dari si tuan rumah dan diganti shorcut yang tidak dapat dibuka, nah disini kamu perlu anti virus yang jitu. Contonya smadav

4. Gunakan sistem Restore
Sistem restore juga dapat diperhitungkan karena sistem ada dapat meng-backup file-file di dala komputer.

5. Manfaatkan cloud storage
Sekarang ini ada banyak sekali fasilitas yang memberikan jaminan keamanan dat seperti google drive, dropbox dan masih banyak lagi. Sistem penyimpanan ini akan tetap aman meskipun laptop atau komputer kamu mati. Namun untuk membuka file ini kamu harus terhubung dengan internet.


Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 actions achat. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.